Home BERITA Nota Keberatan Pencegahan Setya Novanto Disebut Tak Masuk Akal

Nota Keberatan Pencegahan Setya Novanto Disebut Tak Masuk Akal

SHARE
Seorang dukun melakukan ritual di KPK meminta penangkapan Setya Novanto. (Kiki Budi Hartawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pakar Hukum Tata Negara Asep Warlan Yusuf mengomentari tindakan DPR RI mengirimkan nota keberatan terkait pencegahan Ketua DPR Setya Novanto ke Presiden Joko Widodo. Menurutnya, alasan DPR akan melakukan kunjungan kerja ke luar negeri dalam waktu dekat tidak masuk akal.

“Pada dasarnya bahwa pada pimpinan ada sifat kolektif kolegial. Misalnya kalau ada kaitannya dengan parlemen lalu ketua berhalangan bisa diwakili,” kata Asep saat dihubungi Kriminalitas.com, Jakarta, Kamis (13/4/17).

Sehingga menurut Asep alasan dari Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang menyebut soal kunjungan kerja ke luar negeri tidak masuk akal dan tidak dapat diterima publik.

“Ini aneh tindakan para pemimpin DPR. Aneh dipahami publik,” tandas Asep.

Seperti diketahui Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto dicegah bepergian keluar negeri untuk 6 bulan ke depan oleh KPK. Namun kemudian hal tersebut direspon DPR RI dengan mengirim nota keberatan kepada Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah beralasan nota keberatan dilayangkan karena Ketua DPR mempunyai fungsi diplomasi yang dalam waktu dekat memiliki agenda kunjungan ke luar negeri.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Iksal Rizqi Harizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here