Home BERITA Pakar: Basinas Bisa Melindungi Hajat Hidup Banyak Orang

Pakar: Basinas Bisa Melindungi Hajat Hidup Banyak Orang

SHARE
Ilustrasi siber

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pakar informasi, teknologi, dan kriptografi serta Chairman CISSReC, Pratama Persadha menyebut, Badan Siber Nasional (Basinas) sangat tepat untuk melindungi dari serangan siber.

Menurut dia, keamanan siber ini menyangkut banyak hal mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga rumah tangga yang menyangkut privasi.

“Serangan siber ke Indonesia setiap hari berlangsung. Kalau hal strategis, seperti listrik, rumah sakit, energi tidak dilindungi bisa berhahaya,” ungkapnya di Warung Daun, Jalan Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2017).

Selain itu, menurut dia, Basinas ini juga melakukan fungsi deteksi dini serangan siber. Ia menyebut, di dunia nyata dampak serangan siber memang belum terlihat. Tapi, di dunia maya, serangan siber itu sangat mengkhawatirkan. Fungsi selanjutnya yang harus dilakukan adalah penanggulangan dan pemulihan.

Pratama menambahkan, Basinas dibentuk karena pemerintah berkaca dari kasus serangan siber yang dialamai Estonia pada 2007 yang menyebabkan negara tersebut kolaps .

“Lembaga ini harus bisa dengan cepat memulihkan jika terjadi serangan,” tutupnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here