Home BERITA Partai Pendukung Tak Solid jadi Penyebab Ahok Kalah Telak

Partai Pendukung Tak Solid jadi Penyebab Ahok Kalah Telak

SHARE
Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama. (Kiki Budi Hartawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat harus rela menerima kekalahan dalam Pilkada Jakarta putaran kedua.

Pengamat politik sekaligus Peneliti The Political Literacy Institute, Adi Prayitno menilai ada tiga faktor yang membuat Ahok-Djarot keok dengan perolehan suara yang cukup telak melawan Anies-Sandi.

Adi menganggap bahwa soliditas partai pengusung Ahok-Djarot sangat lemah. Padahal, pasangan petahana itu sudah disokong oleh tujuh partai politik yakni PDIP, Golkar, PPP, NasDem, Hanura, PKB dan PSI.

“Banyaknya partai pengusung nyatanya tak berbanding lurus dengan soliditas kader-kader dan simpatisan di level bawah,” ujar Adi saat dihubungi Kriminalitas.com, Jumat (21/4/2017).

Faktor kedua, imbuh Adi, yakni status penista agama yang rupanya menjadi beban elektoral cukup serius bagi Ahok. Pasalnya, meskipun masyarakat mengaku puas dengan kinerja Ahok, namun masyarakat tak memilihnya karena alasan penistaan agama.

“Pada konteks ini, bandrol politik sebagai penista cukup menyulitkan Ahok menang,” papar Dosen Politik FISIP UIN Jakarta dan  tersebut.

Faktor terakhirnya yakni blunder politik yang dilakukan tim sukses Ahok-Djarot di detik-detik jelang pencoblosan. Padahal, seminggu jelang pencoblosan, menurut banyak survei, elektabilitas Ahok sempat rebound dan Anies turun.

“Namun, beberapa hari jelang pencoblosan, serangan banjir sembako yang diduga dilakukan oleh tim Ahok menjadi blunder yang justru merusak kepercayaan massa di lapisan masyarakat menengah ke atas,” tutup Adi.

Seperti diketahui, pasangan Anies-Sandi memperoleh 57,96 persen suara mengungguli Ahok-Djarot yang hanya meraup 42,75 persen suara di hasil real count KPU DKI Jakarta.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here