Home BERITA Pasutri Penyuap Irman Gusman ‘Ngebet’ Jadi Justice Collaborator

Pasutri Penyuap Irman Gusman ‘Ngebet’ Jadi Justice Collaborator

SHARE
Penyuap mantan Ketua DPD RI Irman Gusman, Xaveriandy Sutanto dan istrinya Memi. (Alfian/Kriminalitas.com).
Penyuap mantan Ketua DPD RI Irman Gusman, Xaveriandy Sutanto dan istrinya Memi. (Alfian/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM,Jakarta – Terdakwa penyuap Irman Gusman, Xaveriandy Sutanto dan istrinya, Memi, menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan nota pembelaan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Selasa (20/12/2016). Dalam nota pembelaannya, pasutri ini memohon majelis hakim untuk mengabulkan permintaan mereka menjadi justice collaborator (JC).

“Kami mohon kiranya majelis hakim yang mulia berkenaan mengabulkan permohonan JC yang kami ajukan demi kemanusiaan, demi karyawan, dan demi anak-anak kami,” ungkap Xaveriandy di Pengadilan Tipikor, Selasa (20/12/2016).

Selain itu Xave dan Memi mengatakan dirinya telah bekerja sama, jujur, kooperatif, dalam menyampaikan keterangan dan bukti yang signifikan sejak permulaan penyidikan.

“Kami juga langsung memberikan semua password yang dibutuhkan untuk membuka peralatan kerja. Kami mohon kiranya seluruh peralatan, dokumen kerja kami yang disita KPK dapat dikembalikan karena masih sangat kami butuhkan,” ujarnya.

Untuk diketahui sebelumnya Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuntut Xaveriandy Sutanto empat tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider tiga bulan penjara.

Sementara sang istri, Memi dituntut pidana tiga tahun penjara dan denda Rp 100 juta dengan subsider tiga bulan penjara.

Sebagai Informasi Justice Collaborator dimaknai sebagai upaya seorang pelaku tindak pidana tertentu, tetapi bukan pelaku utama, yang mengakui perbuatannya dan bersedia menjadi saksi dalam proses peradilan.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Ahmad Alfian and Nicky Aditya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here