Home BERITA Pembentukan Basinas Merupakan Amanat UU ITE, Negara Harus Realisasikan

Pembentukan Basinas Merupakan Amanat UU ITE, Negara Harus Realisasikan

SHARE
Ilustrasi/NET

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pengamat media sosial, Nukman Lutfie angkat bicara perihal dibentuknya Badan Siber Nasional (Basinas) oleh pemerintah. Menurutnya pembentukan Basinas merupakan amanat Undang-undang yang harus dilaksanakan penerintah era Joko Widodo (Jokowi).

“Itu dibuat karena amanat Undang-undang. Kan Undang-undang ITE yang revisi, bahwa pemerintah berkewajiban, sebelumnya kan berhak, untuk meredam konten negatif di internet. Jadi wajib, bukan berhak, beda,” ucap Nukman kepada Kriminalitas.com, Sabtu (7/1/2017).

“Karena ini amanat UU. Kalau tidak dilakukan maka negara kan melanggar undang-undang,” lanjutnya.

Nukman melanjutkan, dalam prakteknya nanti Basinas bisa mengkoordinasikan lembaga terkait yang ikut mengurusi persoalan dunia maya. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih penanganan persoalan.

“Badan itu mampu mengoordinasikan semua yang ada di lembaga lain, polisi punya, kominfo punya, lain-lain punya. Daripada beberapa tempat, mending jadi satu,” timpal Nukman.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia berencana membentuk lembaga yang mengurusi dunia siber. Pemerintah menargetkan tahun 2017 ini, Basinas sudah bisa terbentuk.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here