Home BERITA Pemerintah Salah Satu Pemicu Menjamurnya Hoax

Pemerintah Salah Satu Pemicu Menjamurnya Hoax

SHARE
Illustrasi (NET)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Sukamta menuding pemerintah justru menjadi pemicu banyaknya informasi palsu alias hoax. Menurutnya, pemerintah tak satu suara dalam berbagai isu.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini mencontohkan soal informasi tentang jumlah tenaga kerja asing (TKA) asal Tiongkok. Sukamta menyebut pemerintah tak satu suara karena empat pejabat yang berwenang soal masuknya TKI ternyata tak punya data yang sama.

“Akhirnya, pasti ada yang bohong. Di antara empat pihak yang menyampaikan data berbeda, tentu ada yang bohong dan satu yang benar,” kata Sukamta saat diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1/2017).

Dia menjelaskan, di Indonesia ada 125 juta pengguna telepon seluler yang bisa terhubung dengan media sosial. Jika satu orang memegang dua ponsel, maka lebih 200 juta masyarakat yang punya pemikiran langsung bereaksi.

Ketika rakyat membutuhkan jawaban atau menyampaikan komplain tapi tidak tertampung di media massa komersial, maka pasti menggunakan saluran lain. “Mereka memuatnya di media sosial,” katanya.

Lebih lanjut Sukamta mengatakan, pemerintah sebaiknya membiarkan masyarakat menyampaikan aspirasinya dan berinteraksi di media sosial. Di sisi lain, pemerintah bisa mulai memperbaiki diri soal komunikasi internalnya.

“Ketika pemerintah memperbaiki diri sendiri, Insya Allah yang hoax ini akan benar,” ujar Sukamta.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here