Home BERITA Pengamat: Tuntutan Ringan Bagi Ahok Bisa Picu Penista-Penista Lain

Pengamat: Tuntutan Ringan Bagi Ahok Bisa Picu Penista-Penista Lain

SHARE
Ahok, terdakwa kasus dugaan penistaan agama, saat sidang pembacaan tuntutan (Foto: Miftahul Hayat/Jawa Pos/Pool)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago tak mempermasalahkan sikap sejumlah ormas yang akan kembali melakukan aksi bela Islam untuk menuntut gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok segera dipenjarakan.

Menurut Pangi, wacana aksi lanjutan tersebut ditengarai oleh sikap jaksa yang menuntut ringan terdakwa penistaan agama.

“Silakan saja (aksi bela Islam) setiap warga negara berhak untuk mencari keadilan,” kata Pangi kepada Kriminalitas.com, Jumat (21/4/2017).

Menurutnya, aksi bela Islam tidak perlu dipermasalahkan. Direktur eksekutif Voxpol Centre itu justru mengkhawatirkan sikap Jaksa Penuntut Umum yang hanya menuntut hukuman ringan kepada Ahok.

Tuntutan satu tahun penjara dengan dua tahun masa percobaan justru dikhawatirkan akan memicu aksi-aksi yang lebih besar lagi oleh masyarakat.

Selain itu, dengan tuntutan tersebut, Pangi juga mengkhawatirkan adanya kemunculan penistaan-penistaan lain karena hukumannya yang ringan.

“Tuntutan ringan oleh JPU tidak akan menimbulkan efek jera bagi pelakunya. Kalau nanti ada lagi yang melakukan penistaan agama bagaimana? Kan bebas gak dihukum,” ujarnya.

Dengan tuntutan yang dinilai terlalu ringan bukan tidak mungkin kasus-kasus penistaan akan bermunculan di kemudian hari.

“Lagu lama kaset usang bukan berarti tidak terulang kembali,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Sjamsu Dradjad and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here