Home BERITA Perppu Ormas Lahir karena Kegagalan Pemerintah

Perppu Ormas Lahir karena Kegagalan Pemerintah

SHARE
Diskusi Perppu Ormas di LBH DKI jakarta (Elga/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – ‎Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 bukanlah solusi untuk memberantas ektrimisme dan radikalisme di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Imparsial, Al Araf.

Menurut Al Araf,  maraknya kasus intoleran lantaran implementasi dari aturan yang ada pada UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas tidak dijalankan secara maksimal. Padahal, bila implementasi itu semua dijalankan, maka tindakan intoleran akan sulit terjadi.

“Misalnya ada orang yang ingin melakukan kekerasan tapi aparat penegakhukum ada disitu, pasti tidak kan terjadi kekerasan,” ‎kata Al Araf saat diskusi “Solusi Tanpa Perppu Ormas” di Kantor LBH Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017).

Al Araf menyebut Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) adalah orang yang paling bertangung jawab atas dikeluarkannya Perppu ‎kontroversial itu.

Pasalnya, ‎dia menganggap adanya Perppu Ormas karena kegagalan pemerintah, khususnya Wiranto dalam memahami masalah ektrimisme dan radikalisme di Indonesia.

Kemudian, kegagalan dalam memahami tata hukum yang ada di Indonesia juga menjadi pemicu lainnya lahir Perppu tersebut.

‎”Menkopolhukam harus bertanggung jawab atas keluarnya Perppu kontroversial ini. Ketidakutuhan dalam memahami ektrimisme dan memahami tata hukum menimbulkan Perppu kontroversial yang isinya membahayakan kehidupan demokrasi di indonesia,” kritiknya.

“Kalau mereka cukup memahami itu, saya kira Perppu Ormas tidak perlu keluar,” tutup Al Araf.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here