Home BERITA PGI Kepada Jokowi: Tindak Tegas Ormas yang Merongrong Pancasila

PGI Kepada Jokowi: Tindak Tegas Ormas yang Merongrong Pancasila

SHARE
Kriminalitas.com – Wisnu Angga Wijaya

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Persatuan Gereja Indonesia (PGI) menyebut ada sejumlah kelompok intoleran yang berupaya memecah belah bangsa Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh Juru Bicara PGI, Jerry Sumampouw.

Menurutnya, kelompok intoleran ini merasa di atas angin lantaran salah satu tujuan mereka dalam Pilkada DKI lalu tercapai.

“Gonjang- ganjing karena isu SARA yang sangat kental dalam Pilkada DKl, kelihatannya ‘diboncengi’ oleh kepentingan idiologi oleh kelompok-kelompok radikal dan intoleran, malah terasa makin kuat dan masif,” kata Jerry kepada Kriminalitas.com di Jakarta, Rabu (3/5/2017).

Jerry melanjutkan, fenomena ini menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat minoritas.

Keprihatinan PGI ini telah disampaikan secara tertulis melalui surat kepada Presiden RI, lr. Joko Widodo, dengan No: 258/PGl-XVl/2017 tertanggal 2 Mei 2017.

“Kami juga prihatin dengan makin maraknya aksi-aksi intoleran, kekerasan dan ujaran kebencian yang dilakukan oleh berbagai kelompok masyarakat, yang dalam beberapa kasusterkesan dibiarkan oleh aparat negara,” kata dia.

Selain itu, Jerry juga khawatir dengan adanya kelompok atas nama agama yang selalu memaksakan kehendak dan aspirasinya lewat pengerahan massa, ketimbang menempuh jalur hukum atau dialog yang lebih bermartabat.

“Kecenderungan semacam ini sangat potensial meruntuhkan sendi-sendi demokrasi yang kita perjuangkan selama ini dan menggantinya dengan mobokrasi (pemerintahan yang dipegang dan dipimpin oleh rakyat jelata yang tidak tahu seluk-beluk pemerintahan),” ungkap dia.

Jerry sendiri meminta kepada Presiden Jokowi untuk turun tangan dan segera membubarkan kelompok dan ormas itu demi tegakknya Pancasila.

“PGI mengimbau kepada Bapak Presiden bersama dengan TNI dan Polri untuk mengambil tindakan tegas atas segala aksi dan kelompok yang berupaya merongrong Pancasila sebagai
dasar dan ideologi negara kita,” pungkas dia.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here