Home BERITA Pilkada Serentak Aman, Mabes Sebut Masyarakat Indonesia Sudah Cerdas

Pilkada Serentak Aman, Mabes Sebut Masyarakat Indonesia Sudah Cerdas

SHARE
Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar. (Aristo/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pelaksanaan pencoblosan Pilkada serentak 2017 di 101 wilayah Indonesia berlangsung aman dan kondusif. Menurut Kadivhumas Mabes Polri, Irjen Boy Rafli Amar, kondisi aman ini menandakan masyarakat Indonesia semakin dewasa berdemokrasi.

“Polri mengamati bahwa kualitas dalam berdemokrasi tidak lepas dari partisipasi masyarakat kita. Tentunya dalam kategori melaksanakan, dapat dikatakan semakin dewasa,” kata Boy kepada wartawan, Jumat (17/2/2017).

Untuk itu, mantan Kapolda Banten ini mengucapkan terima kasih karena semua elemen telah mewujudkan pilkada serentak aman. Mulai dari Polri dan TNI pada sisi pengamanan, hingga masyarakat dan para peserta kontestan yang tidak tersulut emosi.

“Kita sangat bersyukur dalam kondisi seperti ini,” imbuhnya.

Polri, kata Boy, sebelum pelaksanaan hari H, sudah memprediksi kerawanan akan pecahnya konflik. Kemudian polisi meminimalisir potensi konflik yang sudah teridentifikasi.

“Artinya kita harus dapat menimalisir bersama potensi kerawanan yang sebelumnya kita prediksi untuk tidak terjadi, dan kita melihat bahwa pengelolaan potensi kerawanan ini ada semacam semangat bersama yang ditunjukkan antara unsur-unsur pengamanan sendiri,” ucapnya.

Meski demikian, Boy tidak menampik terjadi insiden kecil di beberapa daerah saat pencoblosan. Hanya saja insiden tersebut tidak mengganggu prosesi pilkada.

“Ada juga yang berkaitan dengan faktor alam, seperti di Sangihe (Sulawesi Utara) ada keterlambatan distribusi logistik dikarenakan cuaca ombak yang sedemikian besar sehingga terlambat sampai, namun demikian sudah dapat teratasi,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Aristo and Dinda Chairina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here