Home BERITA Polisi Berwenang Razia Kendaraan Telat Pajak, Ini Landasan Hukumnya

Polisi Berwenang Razia Kendaraan Telat Pajak, Ini Landasan Hukumnya

SHARE
Razia Kendaraan Bermotor
Ilustrasi razia kendaraan bermotor (Kiki Budi Hartawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pihak Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, Dinas Pendapatan Daerah(Dispenda) DKI Jakarta dan PT Jasa Raharja gencar melakukan razia dijalan untuk menindak para pengendara yang tidak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Kepolisian mengaku razia karena tidak membayar pajak itu diatur dalam Undang-Undang(UU) Nomor 22/2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 5/2015 tentang Registrasi Kendaraan Bermotor.

“Di Pasal 270 ayat 2 menyatakan STNK dan TNKB berlaku selama lima tahun, yang dimintakan pengesahannya setiap tahun. Kemudian diperjelas dengan Peraturan Kapolri Nomor 5/2015 tentang registrasi kendaraan bermotor di ayat 2, STNK berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian kendaraan bermotor,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra, Sabtu (12/8/2017).

Bila sanksi pajak tidak dibayarkan, lanjutnya, polisi memiliki kewenangan untuk menilang pengendara dan menjatuhkan denda tilang sebesar Rp500.000.

“Langkah ini untuk meningkatkan pendapatan daerah yang ditargetkan Rp 35,20 triliun dari 13 jenis pajak di Jakarta juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kewajiban mereka tertib pajak,” harapnya.

Halim berharap wajib pajak memanfaatkan pemutihan pajak kendaraan yang diberlakukan sejak tanggal 19 Juli-31 Agustus 2017 nanti.

“Seumpamanya sekarang ini sudah diberlakukan pemutihan, terus pada waktu razia dia (pengendara kendaraan bermotor) kena razia, maka tidak dapat pemutihan,” tutupnya.

Sebelumnya, razia dilakukan di sejumlah ruas jalan di lima wilayah DKI Jakarta sejak Jumat (11/8/2017). Hasilnya ratusan pengendara terjaring dan diwajibkan untuk membayar pajak kendaraan di lokasi bila tidak mau ditilang. Namun, kendaraan akan dikandangkan bila diketahui dalam kurun waktu tiga tahun tidak melakukan pembayaran pajak.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here