Home BERITA Polisi Lakukan Tes DNA untuk Anak Korban Eksploitasi

Polisi Lakukan Tes DNA untuk Anak Korban Eksploitasi

SHARE
Polda Metro amankan 2 pelaku perdagangan anak (Dwi Haryanto/Kriminalitas.com)
Polda Metro amankan 2 pelaku perdagangan anak (Dwi Haryanto/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Tiga anak yang menjadi korban eksploitasi akan menjalani tes DNA. Upaya itu dilakukan untuk mengetahui apakah korban memiliki hubungan darah dari para pelaku yang telah diamankan.

Menurut Kanit Krimum Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan AKP Joynaldo, tes DNA dilakukan untuk menentukan pasal yang dikenakan terhadap 4 tersangka eksplitasi anak. Jika terbukti pelaku merupakan orangtua kandung korban, maka hukumannya akan lebih berat.

‎”Dia bisa dikenai pasal tentang perlindungan anak. Hukumannya juga akan diperberat sepertiga,” kata Joynaldo ditemui di Gedung Polres Metro Jakarta Selatan, Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, Selasa (29/3).

Dirinya menerangkan, ‎tes DNA ini juga untuk mengetahui dari mana para pelaku mendapatkan anak-anak yang menjadi korban eksploitasi itu.

‎”Kalau bukan anak pelaku, kita semua akan ketahui dari mana anak ini berasal. Sehingga kita bisa mengantarkan anak ini kembali ke keluarganya,” terang dia.

Pihaknya juga mengusut kemungkinan para pelaku tergabung dalam sindikat kejahatan anak. Polisi juga terus mencari korban-korban eksploitasi anak di wilayah Jakarta Selatan. “Tentunya polisi akan selalu bicara tentang pembuktian apa yang terjadi di balik itu,” katanya.

Sementara itu, empat tersangka yakni ‎IR, MR, ER, dan SM telah menjalani tes DNA pada Senin (28/3) sore. Hingga saat ini, polisi juga belum bisa memastikan apakah 2 tersangka yakni ER dan SM merupakan pasangan suami-istri (pasutri) yang memiliki bayi berinisial MI alias Bon-bon.

“Belum bisa dipastikan dua tersangka itu pasutri. Tes DNA juga belum ada hasilnya. Normalnya hasilnya keluar seminggu,” ucap Joynaldo.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here