Home BERITA Presidential Threshold Diuji Materi, Mendagri: Masa Partai Baru Sudah Mau Nyapres

Presidential Threshold Diuji Materi, Mendagri: Masa Partai Baru Sudah Mau Nyapres

SHARE
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
(Setkab)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Buntut dari penetapan Undang-Undang Pemilu, hingga saat ini kebijakan tentang ambang batas presiden masih menimbulkan perdebatan. Bahkan beberapa di antaranya memilih untuk mengajukan judicial review terhadap penetapan tersebut.

Namun demikian, pemerinah melalui Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan kebijakan ambang batas 20-25 persen sudah sangat tepat.

“Presidential threshold 20-25 tidak demokratis? Itu sama sekali enggak ada masalah. Dua pemilu lalu enggak ada masalah, enggak ada ketua umum yang komplain, enggak ada mantan presiden yang komplain. Kok sekarang pemerintah dibilang kekanak-kanakan, memanipulasi suara rakyat. Rakyat yang mana?” kata Tjahjo Kumolo di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/8/2017).

Kebijakan ambang batas presiden dianggapnya masih relevan jika dipergunakan pada pemilu serentak 2019 mendatang. Tentang ketakutan adanya capres tunggal, Tjahjo menilai alasan tersebut tak berdasar.

Justru sebaliknya, dengan adanya ambang batas presiden, gelaran pemilu mendatang dapat berlangsung secara demokratis dan berkeadilan.

“Kalau dilepas 0 persen, partai-partai baru belum teruji apakah dia mendapat dukungan dari masyarakat atau tidak? Belum teruji tapi langsung ikut pemilihan presiden, kan enggak fair,” tegasnya.

Untuk itu, ia menyarankan, kepada partai-partai baru yang akan ikut dalam gelaran pemilu serta partai-partai lain untuk mengikuti aturan yang ada.

Dengan adanya ambang batas presiden, hal tersebut justru dinilainya sebagai wadah untuk menguji keberadaan partai baru di mata masyarakat.

“Makanya ikut pemilu dulu, dapat berapa persen dari rakyat baru nanti bisa bergabung dengan partai lain (koalisi). Di UU sudah jelas, Parpol dan gabungan parpol dapat mengusung presiden dan dikunci tidak mungkin ada calon tunggal presiden,” tandasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here