Home BERITA Qatar Krisis Pangan, Iran Bakal Kirim Pesawat Logistik Setiap Hari

Qatar Krisis Pangan, Iran Bakal Kirim Pesawat Logistik Setiap Hari

SHARE
Rak supermarket Qatar kosong (ABC News).

KRIMINALITAS.COM, Doha – Sepekan dikucilkan oleh negara-negara Teluk membuat Qatar mengalami krisis pangan. Hal ini langsung membuat Iran mengirimkan puluhan ton pasokan makanan ke negara kaya minyak tersebut.

“Soal permasalahan di Qatar. Kami telah mengirimkan makanan dan sayuran ke negara tersebut sekitar 90 ton kargo melalui pesawat kami,” kata Juru Bicara Maskapai Iran Air, Shahrokh Noushabadi seperti dikutip dari Independent, Senin (12/6/2017).

Noushabadi menyatakan, pengiriman masih akan terus dilakukan selama adanya permintaan. Sebab selama ini sekitar 40 persen bahan pangan di Qatar memang diimpor dari Arab Saudi. Namun kini, Saudi menutup semua perbatasannya di darat. Seluruh pengiriman barang ke Qatar juga dihentikan.

“Setiap hari kita akan mengekspor 100 ton buah dan sayuran ke Qatar. Puluhan pebisnis Iran siap membantu Qatar dengan mengirimkan lebih banyak barang jika dibutuhkan,” timpal Kepala Industri, Bisnis dan Organisasi Perdagangan Fars, Ali Hemmati.

Kepala eksportir ternak Iran, Mansour Pourian mengatakan bahwa pihaknya telah mengekspor 66 ton daging ke Qatar dalam dua hari terakhir.

“Kami juga akan mengirim 90 ton daging dalam minggu depan,” tutupnya.

Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Mesir, Yaman, Libya mengambil langkah keras dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar usai negara itu dituding mendukung terorisme dan memiliki hubungan baik dengan Iran.

Iran yang sudah lama berseberangan dengan Arab Saudi memintah kedua belah pihak untuk menenangkan diri dan menggunakan dialog demi menyelesaikan konflik diplomatik tersebut.

Sementara itu, Qatar sudah bersumpah untuk tidak menyerah walau terus dikucilkan Arab Saudi dan sekutunya, meskipun hal itu bisa membuat konflik diplomatik yang dialaminya bisa berakhir.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and RGN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here