Home BERITA Raker dengan DPR, Jenderal Tito Dicecar Kasus Hermansyah

Raker dengan DPR, Jenderal Tito Dicecar Kasus Hermansyah

SHARE
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat raker dengan Komisi III DPR (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Komisi III DPR RI menggelar rapat kerja (raker) dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Raker itu dipimpin langsung oleh Trimedya Panjaitan.

Dalam rapat tersebut, sejumlah anggota komisi III sempat menanyakan perihal kasus pembacokan ahli IT dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Hermansyah.

“Kasus ini alhamdulillah, meskipun ada isu yang berkembang tentang motif, tim Polda Metro tidak terpengaruh isu berkembang, tapi lebih ke langkah profesional,” jawab jenderal Tito di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Ia mengaku, dalam pengusutan kasus Hermansyah, korps berbaju coklat itu sempat diterpa berbagai tanggapan miring perihal status Hermansyah yang dianggap pernah menjadi saksi ahli dalam kasus chat mesum yang menjerat Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab.

“Setelah peristiwa mereka lari ke Bandung, ada motif macam-macam sampai motif politik yang berkembang. Pelaku ketakutan sehingga mereka ingin menyerahkan diri, lalu kemudian dilakukan penangkapan,” lanjut mantan kedua BNPT itu.

Meski diterpa berbagai isu miring, ia memastikan pengusutan kasus tersebut dilakukan kepolisian sangat profesional.

“Kasus ini detailnya dijelaskan Kapolda Metro jika memang masih diperlukan. Prinsipnya, semua pasti sampai ke pengadilan dan tidak bisa di setting karena mereka bukan aktor,” tandasnya.

Seperti diketahui, Hermansyah dikeroyok dan ditusuk oleh sekelompok orang tidak dikenal pada Minggu (9/7/2017) di Tol Jagorawi KM 6, Jakarta Timur.

Saat itu, dia bersama istrinya menggunakan mobil Toyota Avanza warna putih hendak pulang menuju rumahnya di Depok. Akibat kejadian ini, Hermansyah harus menjalani operasi di RS Hermina Depok. Selang beberapa jam, dia dipindah ke RSPAD Gatot Subroto.

Hermansyah saat ini dalam perawatan di RS Hermina, Kota Depok (Istimewa)

Dalam waktu tiga hari, Tim Jaguar Polresta Depok berhasil menciduk dua dari lima pelaku. Keduanya adalah Edwin Hitipuw dan Laurens Paliyama. Mereka ditangkap saat mengendarai mobil Toyota Fortuner di Jalan Raya Sawangan, Kota Rabu (12/7/2017). Tak ada perlawanan saat keduanya ditangkap.

Selang sehari, Kamis (13/7/2017) polisi kembali menangkap dua pelaku lainnya. Dia adalah Erick Birahy dan Richard Patipelu. Keduanya diringkus di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Sementara itu, seorang pelaku lagi, yakni Domaince asih buron. Sedangkan seorang perempuan dari tempat hiburan malam bernama Siska yang  bersama pelaku saat kejadian hingga kini juga masih dicari.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nur Ichsan and Diki Trianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here