Home BERITA Razia Pengendara Telat Pajak Tunjukkan Polisi Dijadikan Alat ‘Pencakar’

Razia Pengendara Telat Pajak Tunjukkan Polisi Dijadikan Alat ‘Pencakar’

SHARE
Ilustrasi razia polisi (Virza/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Razia yang digelar Polda Metro Jaya terhadap pengendara yang menunggak pajak kendaraan dikritik. Razia itu dinilai menunjukkan polisi sebagai alat pemerintah untuk menambah pundi-pundi pendapatan.

“Kalau razia yang digelar fokus pada kendaraan yang belum bayar pajak maka polisi telah mempromosikan lembaganya sebagai alat pencakar,” kata Ketua Presidium Indonesia Traffic Watch (ITW), Edison Siahaan kepada Kriminalitas.com, Sabtu (12/8/2017).

Seharusnya, lanjut Edison, pemerintah lebih melihat kondisi perekonomian masyarakat sebelum melakukan razia.

“Harusnya polisi juga berkaca apakah pelayanan yang didapat masyarakat khususnya pengguna jalan sudah layak?,” tanyanya.

Edison meminta razia yang dilakukan aparat jangan sampai membuat gaduh. “Kalau pajak itu bagian dari kelengkapan kendaraan dan polisi bisa melakukan upaya hukum dengan cara memberi tilang,” tutupnya.

Diketahui, polisi menegaskan akan melaksanakan razia besar-besaran yang menyasar pada pengendara yang menunggak pajak kendaraan. Mereka yang terjaring diwajibkan untuk membayar pajak di lokasi atau dilakukan penilangan.

Polisi juga akan mengandangkan kendaraan yang terbukti selama tiga tahun tidak membayar pajak.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Sapuji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here