Home BERITA Sambut “Copa Del Rey”, Pemerintah Spanyol Larang Bendera Catalonia

Sambut “Copa Del Rey”, Pemerintah Spanyol Larang Bendera Catalonia

SHARE
Bendera Catalan dilarang berkibar di final Copa Del Rey (Foto: theguardian)
Bendera Catalan dilarang berkibar di final Copa Del Rey
(Foto: theguardian)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Sepakbola bukanlah sekedar permainan “bal-balan”. Sepakbola juga bukan hanya soal perebutan gengsi, bukan cuma soal siapa yang paling hebat. Sepakbola ternyata juga soal sikap politik.

Menyambut final Copa del Rey yang akan digelar akhir pekan ini, Minggu (22/5), pemerintah negara Spanyol mengeluarkan sebuah aturan kontoversial. Dalam partai final yang mempertemukan Barcelona dan Sevilla, tidak boleh ada satu pun bendera Catalan berkibar di dalam stadion Vicente Calderon.

Menurut kabar yang beredar, pihak berwenang akan melakukan penggeledahan kepada setiap suporter dan setiap bendera atau lambang Catalan yang ditemukan akan segera disita. Namun tidak ada keterangan soal hukuman yang akan diberikan kepada mereka yang membawa bendera Catalan yang kerap disebut bendera Estelada.

Pihak klub Barcelona langsung menyesali aturan yang dibuat oleh pemerintah Spanyol. Lewat situs resminya, klub berjuluk El Barca ini merasa bahwa pemerintah telah mengangkangi hak-hak asasi para suporter tim Barcelona.

“FC Barcelona menyatakan ketidaksetujuan total atas aturan pelarangan bendera Estelada di final Copa del Rey. Kami menyatakan bahwa aturan ini telah menyerang kebebasan suporter untuk berekspresi, sebuah hak yang fundamental bagi setiap individu, sebuah hak yang dijamin di Deklarasi Hak-hak Asasi Manusia,” tulis Barca di situs resminya.

Barcelona sendiri memang kerap disebut sebagai simbol perlawanan masyarakat Catalonia, sebuah daerah yang berada di utara Spanyol yang menginginkan kemerdekaan. Atas keinginan tersebut, pemerintah pusat yang berlokasi di ibukota Madrid memusuhi wilayah Catalonia dan menganggapnya sebagai pemberontak.

(Andreas)

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here