Home BERITA Sambut Kemerdekaan, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Lereng Gunung Lawu

Sambut Kemerdekaan, Bendera Merah Putih Raksasa Dibentangkan di Lereng Gunung Lawu

SHARE
Bendera merah putih raksasa di Lereng Gunung Lawu (Alexy Pratama/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM, Karanganyar – Warga di Lembah Sumilir, Desa Kemuning, Ngargoyoso nampaknya sudah tak sabar menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke-72.

Sebab pagi tadi, mereka sibuk membentangkan bendera merah putih raksasa selebar 20×30 meter di hamparan Kebun Teh Lereng Gunung Lawu.

Warga sekitar yang biasanya bekerja memetik teh, terlihat berbeda ketika mengenakan baju bernuansa merah putih. Mereka tampak tertib berbaris untuk melaksanakan upacara bendera.

Pantauan Kriminalitas.com, setidaknya upcara ini diikuti oleh 1000 warga Ngargoyoso. Di sepanjang mereka berbaris, ratusan bendera merah putih yang terbuat dari plastik terlihat rapih berjajaran di sekitar lokasi.

Bendera merah putih raksasa ini dipasang langsung oleh 23 anggota banser. Memasuki bait pertama lagu kebangsaan Indonesia Raya, ujung-ujung kain bendera ditarik sampai membentang penuh di rangka bambu pada kemiringan 60 derajat.

Seluruh peserta upacara bersikap hormat bendera sampai lagu kebangsaan selesai menggema. Sorak sorai peserta upacara dan warga mengakhiri upacara bendera dengan sangat manis.

“Upacara ini menjadi istimewa karena bendera merah putihnya berukuran raksasa. Dibentangkan di lokasi paling strategis. Dapat dilihat dari semua penjuru. Ini ikrar warga Desa Kemuning untuk Indonesia tercinta,” kata Kepala Desa Kemuning, Widadi Nur Widyoko kepada wartawan usai upacara bendera, Minggu (13/8/2017).

Dalam upacara bendera itu, Widadi didapuk sebagai pemimpin upacara. Sedangkan Camat Edi Sukiswandi menjadi pembina upacara.

Perayaan spesial upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI bukan baru kali ini dilakukan. Pada upacara 17-an tahun 2015 silam, seribu buah bendera merah putih dikibarkan di Bukit Sumbersari, Kemuning.

Camat Kemuning, Edi Sukiswandi berharap nuansa kemerdekaan dari Desa Kemuning menginspirasi semangat nasionalisme para pemuda bangsa ini.

“NKRI harga mati diikrarkan warga Kemuning. Semoga menginspirasi seluruh generasi muda bangsa Indonesia untuk tetap memegang erat persatuan,” timpal Edi.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and Alexy Pratama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here