Home BERITA Soal Pembentukan Basinas, Polri: Semuanya Masih Proses

Soal Pembentukan Basinas, Polri: Semuanya Masih Proses

SHARE
Kadiv humas Mabes Polri Brigjen Boy Rafli Amar (Dwi Haryanto/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pemerintah berencana membentuk Badan Siber Nasional (Basinas) pada tahun 2017. Polri menyebut bakal ambil bagian dalam badan yang nantinya di bawah komando Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan HAM.

“Semuanya masih proses, jadi Badan Siber Nasional saat ini di mana penghidupannya di bawah koordinasi Kemenkopolhukam sedang berjalan,” kata Kadivhumas Polri, Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Senin (9/1/2017).

Beberapa instansi lain juga ikut dilibatkan dalam Basinas, seperti Kemenkominfo dan TNI. Bahkan ada unsur dari masyarakat yang disebutkan bakal masuk dalam badan ini.

“Jadi di sini ada unsur kepolisian, kominfo, ada unsur msyarakat, ada unsur dari TNI, dalam hal mengelola dunia maya yang rentan dengan pengaruh negatif,” kata Boy

Menurut Boy, Basinas merupakan langkah pemerintah untuk menangkal informasi sesat pada dunia maya. Karena persoalan informasi sesat tidak hanya sekedar penegakkan hukum.

“Dalam hal penanggulangan ini, kami selalu berpatokan kepada (kasus) hukum saja,” kata Boy.

Salah satu yang perlu dibangun ke masyarakat perihal aktivitas dunia maya yakni kesadaran hukum. Menurutnya, kesadaran hukum masyarakat dalam aktivitas dunia maya masih rendah.

“Karena ada upaya-upaya lain yang harus dilakukan, terutama upaya preventif membangun kesadaran hukum publik di dunia maya, karena kami tidak ingin sebenarnya, istilahnya itu harus dengan cara-cara penindakan, lebih bagus bagaimana kita bangun ketaatan masyarakat kepatuhan masyarakat dlm mengelola dunia maya,” timpal Boy.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Aristo and Nicky Aditya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here