Home BERITA Tak Cuma Mengawasi, Kompolnas akan Ikut Investigasi Kasus Kematian Taruna Akpol

Tak Cuma Mengawasi, Kompolnas akan Ikut Investigasi Kasus Kematian Taruna Akpol

SHARE
Ilustrasi sadisme dan penganiayaan 2
Ilustrasi (Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Demi menguak kasus tewasnya Taruna Akademi Polisi (Akpol), Brigardir Dua Taruna Akpol (Brigdatar) Mohammad Adam, Mabes Polri akan mengerahkan tim dari Inspektorat Pengawasan Umum Polri (Itwasum) dan Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam).

“Tim Itwasum dan Divpropam sudah turun sebagai pemeriksa internal. Pidana ditangani Polda Jawa Tengah,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Seryo Wasisto di kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Proses pemeriksaan ini juga akan dipantau secara langsung oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Dengan begitu, pemeriksaan akan berjalan netral. Selain itu Kompolnas juga akan melakukan pemeriksaan sendiri.

“Kompolnas besok akan datang juga akan investigasi di Akpol,” lanjutnya.

Dari kasus ini, 35 orang saksi sudah dimintai keterangan. Hanya Setyo tidak merinci pihak yang dimintai keterangan. Mayoritas para saksi tersebut berasal dari para Taruna Akpol.

“Saksi akan dikroscek. Apa yang dilihat didengar. Nanti akan mengerucut, kemungkinan ada pelaku. Dan Pak Kapolri sudah memerintahkan, pelaku pidana ini akan dituntut pidana,” pungkas Setyo.

Taruna Akpol, Brigadir Dua Taruna Akpol (Brigdatar) Mohammad Adam dinyatakan tewas dengan tidak wajar. Hasil otopsi menyatakan, jika Adam tewas karena kekurangan oksigen akibat luka paru-paru kanan dan kirinya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here