Home BERITA Tenang, Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami

Tenang, Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Tak Berpotensi Tsunami

SHARE
ilustrasi gempa (google)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Gempa berkekuatan 6,6 skala ritcher mengguncang Bengkulu dan sekitarnya pada pukul 10.08 WIB. Untungnya, gempa ini hanya berlangsung satu menit.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho langsung melakukan analisis dan komunikasi dengan BPBD. Prediksi sementara, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

“Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan bahwa intensitas gempa dirasakan ringan hingga sedang,” kata Sutopo melalui keterangan tertulisnya, Minggu (13/8/2017).

Dijabarkan Sutopo, intensitas gempa dirasakan di Provinsi Bengkulu yakni IV-V MMI atau ringan hingga sedang, yaitu di Bengkulu V MMI, Kepahiang V MMI, Bengkulu Utara V MMI, Lubuk Linggau IV MMI, Kerinci IV MMI, Bengkulu Selatan IV MMI, Liwa IV MMI.

“Daerah-daerah di pesisir di Bengkulu Utara merasakan guncangan gempa yang lebih keras karena berdekatan dengan pusat gempa,” tuturnya.

Sedangkan intensitas gempa yang dirasakan di Sumatera Barat dirasakan lemah yaitu di Padang II-III MMI, Padang Panjang I-II MMI, Bunkittinggi I-II MMI, Pariaman II-III MMI, Tua Pejat Mentawai II-III MMI, Pesisir Selatan II-III MMI, Payakumbuh I-II MMI, dan Solok I-II MMI.

Sutopo mengatakan, berdasarkan analisis sementara, diperkirakan gempa tidak menyebabkan dampak yang merusak massif.

“Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan parah dan menimbulkan korban jiwa apabila intensitas gempa dirasakan di atas VI-VII MMI,” ungkapnya.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing pada isu-isu yang menyesatkan.

“Karena sistem informasi kegempaan dan tsunami di BMKG dan BNPB dapat mendeteksi kejadian gempa 5 menit setelah gempa dan memberikan analisis dampak gempa,” pungkasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here