Home BERITA Terapkan Aturan Baru, Rusia Larang Warga Kelahiran 2015 Beli Rokok

Terapkan Aturan Baru, Rusia Larang Warga Kelahiran 2015 Beli Rokok

SHARE
Ilustrasi/NET

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Demi mengurangi konsumsi rokok di negaranya, pemerintah Rusia dikabarkan akan menerapkan aturan ketat soal penjualan rokok. Melalui Kementerian Kesehatan, Rusia akan melarang penjualan rokok terhadap setiap warga yang lahir di tahun 2015 ke atas.

Menurut kabar yang dirilis CNN, Rabu (11/1/2017), aturan ini akan membuat Rusia menjadi negara pertama yang menerapkan aturan tegas antitembakau. Meski begitu, aturan ini menimbulkan pro dan kontra dari sebagian masyarakat Rusia.

Beberapa dari warga merasa bahwa pemerintah tak mungkin mampu memantau seluruh pembeli rokok berdasarkan tahun kelahirannya. Hal tersebut pada akhirnya membuat aturan soal penjualan rokok menjadi sia-sia.

Selain dari warga, aturan ini juga mendapatkan perhatian dari juru bicara Kremlin. Pasalnya, aturan ini membutuhkan pertimbangan serius, karena dapat memicu protes dari perusahaan-perusahaan tembakau kepada pemerintah.

Namun tanggapan dari warga ditepis langsung oleh anggota parlemen komisi kesehatan, Nikolai Gerasimenko. Menurutnya, rancangan hukum itu sangat tepat secara ideologis dan bisa diterapkan di Rusia dalam waktu dekat.

Rusia sendiri sebenarnya telah menerapkan sejumlah aturan terkait pembatasan rokok. Aturan terakhir dirilis pada tahun 2013 silam dan sejak itu, jumlah perokok Rusia diklaim telah menurun 10 persen dan hanya terdapat 31 persen perokok dari seluruh penduduk Rusia pada tahun 2016.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here