Home BERITA Tok… Tok… Hakim Vonis Dahlan Iskan Dua Tahun Penjara

Tok… Tok… Hakim Vonis Dahlan Iskan Dua Tahun Penjara

SHARE
Terdakwa korupsi aset, Dahlan Iskan di Pengadilan Tipikor Surabaya (Budi/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Sidoarjo – Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan dijatuhi vonis dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider dua bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Surabaya.

Dalam persidangan, Majelis Hakim M Tahsin menyatakan kalau Dahlan memang tidak terbukti melakukan korupsi sebagaimana dalam dakwaan primer.

Namun dia terbukti melakukan korupsi secara bersama-sama dalam dakwaan subsider sebagaimana disebut dalam Pasal 3 Undang-undang ayat 18 Tindak Pidana Korupsi, juncto 55 ayat 1 (1) secara sah terbukti melakukan korupsi secara bersama-sama.

“Dengan ini menyatakan menjatuhkan terdakwa dengan hukuman pidana penjara selama dua tahun. Mewajibkan terdakwa membayar denda, dengan ketentuan jika tidak membayar diganti dengan kurungan penjara selama dua bulan,” kata M Tahsin saat membacakan amar putusan, Jumat (21/4/2017).

Mendapati vonis tersebut, Dahlan langsung menyatakan untuk mengajukan banding.

“Setelah berdiskusi dengan penasihat hukum, saat ini juga kami langsung nyatakan banding,” ucap Dahlan.

Diketahui, Dahlan dianggap bersalah karena tidak melaksanakan tugas dan fungsinya secara benar saat menjabat Dirut PT PWU hingga akhirnya aset yang dijual dibawah NJOP.

Vonis ini terhitung lebih rendah dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menuntutnya dengan enam tahun penjara dan denda Rp 750 juta. Selain itu, juga dibebani membayar uang pengganti sebesar Rp 4,1 miliar subsidair tiga tahun penjara.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Budi and Regina Nabila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here