Home BERITA Tol Solo-Ngawi Dibuka Hari Ini, Pemudik Diminta Tetap Waspada

Tol Solo-Ngawi Dibuka Hari Ini, Pemudik Diminta Tetap Waspada

SHARE
Petugas saat mengecek kesiapan pengamanan jalur fungsional tol Solo-Ngawi. (Alexy/Kriminalitas.com).

KRIMINALITAS.COM, Karanganyar – Jalur fungsional untuk mudik lebaran 2017, Tol Solo-Ngawi resmi dibuka satu arah di pintu masuk Ngasem, Karanganyar menuju Widodaren, Ngawi mulai hari ini, Senin (19/6/2017).

Pengguna mobil pribadi diminta mematuhi rambu petunjuk dan peringatan di jalur belum bebas hambatan sepanjang 65 kilometer itu.

“Hati-hati di jalan menyempit jembatan Kali Pepe (KM1). Itu turun naik karena masih ada pekerjaan konstruksi yang belum selesai. Kemudian di Pengkol dan Kauman, Ngawi (KM 61 dan 62). Kendaraan yang semula melaju lurus terpaksa harus dialihkan ke bawah kemudian naik lagi karena lahannya belum dibebaskan,” kata Direktur Utama (Dirut) PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) David Wijayanto kepada wartawan di lokasi.

Mendekati tiap titik tersebut, petugas telah memasang rambu peringatan kecepatan maksimal 40 km/jam dan berganti kecepatan maksimal 20 km/jam pada tiap titik. Diperbantukan sejumlah flagman dari SNJ untuk memberi aba-aba mengurangi kecepatan.

Terkait pemasangan rambu, ia memastikan sudah terpasang dengan baik Selain itu, ia mengatakan guna mengantisipasi kecelakaan akibat minimnya penerangan jalan umum (PJU), maka disiapkan 54 persimpangan antarkampung, 19 di antaranya di Ngasem-Kebakkramat.

“Guna mengurangi hambatan akibat lalu lalang sepeda motor, sepeda onthel maupun kendaraan pertanian, pintu masuk tol dipasang portal serta diinformasikan ke pemerintah desa agar mengimbau warganya libur beraktivitas di jalan tol,” imbuhnya.

Flagman dan rambu penunjuk arah juga dipasang di titik perpindahan lajur kanan ke kiri lantaran beberapa ruas jalan belum siap dilewati.

Sementara itu, Kanit 1 Unit Patroli Jalan Raya (PJR) Kartasura Ditlantas Polda Jawa Tengah, Ipda Joko Budi Purnomo mengatakan jam buka tol di pintu Ngasem di hari pertama arus mudik diperkirakan molor empat jam dari seharusnya pukul 06.00 WIB menjadi 10.00 WIB.

“Karena ada persiapan seluruh petugas dan pengarahan. Bagi pemudik Semarang-Jatim diminta lewat Kota Solo dulu. Namun untuk hari berikutnya tetap sesuai jadwal, yakni 06.00 WIB-17.00 WIB,” katanya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Alexy Pratama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here