Home BERITA Tolak Perppu Ormas, HTI Ngadu ke Komnas HAM

Tolak Perppu Ormas, HTI Ngadu ke Komnas HAM

SHARE
Perwakilan HTI di kantor Komnas HAM. (Elga/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mengadukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) no 2 tahun 2017 tentang Perubahan UU No 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) ke Komnas HAM.

Pengaduan itu dilakukan oleh Ketua DPP HTI Rokhmat S. Labib, Pengurus DPP HTI Irwan Saifullah beserta kuasa hukum HTI Ahmad Khozinudir.

Rokhmat berharap nantinya Komnas HAM mau memberikan pernyataan sikap bahwa Perppu No. 2 Tahun 2017 merupakan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

“Kami minta Komnas HAM memberikan tekanan ke pemerintah bahwa pemerintah yang mengaku menjunjung HAM, yang mengaku taat hukum, tapi dia sendiri telah melakukan pelanggaran hukum,” tegas Rokhmat di Kantor Komnas HAM, Senin (17/7/2017).

Sementara itu, menurut Ahmad Khozinudir, mekanisme pembubaran Ormas yang diatur dalam Perppu No 2 Tahun 2017 cacat hukum.

Pasalnya, dengan Perppu itu, pemerintah bisa melakukan pembubaran Ormas hanya berdasarkan tafsiran subjektif pemerintah tanpa melalui mekanisme pengadilan.

“Karena Perppu yang dikeluarkan oleh Pak Wiranto ini cacat prosedural karena dalam prosedur untuk mengeluarkan Perppu ada tiga syarat dasar yang cacat dan tidak dipenuhi,” tegasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here