Home BERITA Usut Kasus Pencucian Dana YKUS, Mabes Polri Koordinasi ke Bank

Usut Kasus Pencucian Dana YKUS, Mabes Polri Koordinasi ke Bank

SHARE
Ilustrasi (Kiki Budi Hartawan/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Penyidik Mabes Polri sudah menjalin komunikasi dengan pihak bank guna menggali peraturan internal dunia perbankan berikut dengan aturan mainnya.

“Beberapa penyidik kita, melakukan komunikasi dengan pihak bank, dalam kaitan untuk bisa menggali peraturan-peraturan internal di perbankan itu. Kemudian untuk menggali SOP (standar operasional prosedur) dan mekanisme yang ada di bank,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul di Kompleks Mabes Polri, Jumat (17/2/2017).

Jalinan komunikasi dengan pihak bank ini dilakukan penyidik guna pengembangan kasus pencucian uang Yayasan Keadilan Untuk Semua (KUS) yang menyeret Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bactiar Nasir.

Sejauh ini, seorang pegawai bank BNI, Islahudin Akbar ditetapkan sebagai tersangka. Kuat dugaan, pencairan dana dilakukan tanpa menerapkan unsur kehati-hatian sebagaimana yang diatur dalam Pasal 49 ayat 2 UU Perbankan.

Namun saat disinggung perihal pihak yang meminta Islahudin mencairkan dana, Martinus enggan membeberkan. “Itu belum tahu,” tegasnya.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Regina Nabila and Aristo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here