Home BERITA Video Soraki Azan Beredar, Silent Majority Forum: Mereka Teriak karena Ada Drone

Video Soraki Azan Beredar, Silent Majority Forum: Mereka Teriak karena Ada Drone

SHARE
Cuplikan video massa 1.000 lilin di Palembang yang berteriak saat azan. (Youtube/@AndhyIyako)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Silent Majority Forum sebagai pengagas aksi 1.000 lilin dukungan terhadap Basuki T. Purnama (Ahok) membantah ada massa aksi yang berteriak menyoraki azan Isya yang tengah berkumandang ketika mereka melakukan aksi di Monumen Penderitaan Rakyat (Monpera),  Palembang, Sumatera Selatan pada Jumat (12/5/2017) lalu.

“Sudah saya kroscek sama teman-teman di sana kalau teriakan itu bukan untuk meneriaki adzan,” ujar Ketua Umum Silent Majority Forum, Rebecca Siregar saat dikonfirmasi kriminalitas.com, Minggu (14/5/2017).

Rebecca menuturkan, berdasarkan video yang dimiliki pihaknya, teriakan itu terjadi secara spontanitas dilakukan Ahokers karena mereka melihat ada drone melintas di tengah kerumunan massa aksi.

“Dan mereka ingin beraksi saat ada drone. Jadi bukan untuk meneriaki azan,” katanya.

Rebecca menegaskan bahwa video yang beredar di media sosial itu sengaja disebarkan oleh pihak-pihak yang ingin menyudutkan pihaknya. Dia memastikan video tersebut adalah hoax.

“Intinya ada juga orang-orang yang mau mempelintirnya menjadi negatif dari situasi yang real ada di lapangan,” ungkapnya.

Bahkan, dia menegaskan bila akan mengusut siapa yang pertama kali menyebarkan informasi yang menyudutkan Ahokers tersebut.

“Makanya kita lagi cari siapa yang pertama menyebarkan itu. Kalau yang kita lihat kan si Andhy Iyako,” tutupnya.

Diketahui, beredar di media sosial, video berdurasi 46 detik ketika massa aksi berteriak ‘huuu’ saat suara adzan berkumandang.

Penelusuran Kriminalitas.com, video versi 46 detik diunggah di Youtube oleh akun Andhy Iyako pada Sabtu (13/5/2017).  Video serupa juga muncul di linimasa laman Facebook ‘Front Pembela Islam – FPI’ dengan waktu unggah 14 Mei 2017 dengan kalimat pengantar, “Inikah yg dimaksud kebhinekaan? Kumandang azan diteriaki oleh ahokers di Palembang”

Pada video itu terlihat sejumlah orang sambil memegang lilin yang sudah menyala berkumpul di suatu tempat. Saat suara azan terdengar, tak selang beberapa lama kemudian terdengar suara teriakan massa.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here