Home BERITA Wakil Ketua MPR Usulkan Menhan Bikin UU Bela Negara

Wakil Ketua MPR Usulkan Menhan Bikin UU Bela Negara

SHARE
Hidayat Nurwahid (Twitter @hnurwahid)

‎KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Permusyawarakatan Rakyat (MPR), Hidayat Nur Wahid meminta agar Pemerintah mempunyai aturan yang jelas soal kriteria orang yang memiliki kewajiban untuk ikut program bela negara.

Menurut dia, aturan yang ada selama ini terkesan tidak jelas dan multitafsir.

“Ya sekarang kriteria kelompok seperti apa yang bisa ikut bela negara saja belum jelas. Ada yang ‘boleh’ dan ‘boleh ikutan’,” kata dia kepada Kriminalitas.com di Jakarta, Rabu (11/1/2017).

Hidayat menuturkan, Komisi I DPR RI telah mengusulkan berkali-kali kepada Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu agar membuat UU Bela Negara. Akan tetapi, Menhan bersikeras format Bela Negara sudah tercantum dalam UUD 1945.

‎”Kami di Komisi I sudah berkali-kali usulkan agar Menhan membuat UU Bela Negara, sehingga jelas bagaimana prosedurnya, siapa yang dilibatkan, siapa yang harus melakukan. Itu sampai hari ini belum ada,” ungkapnya.

Ia berharap agar pihak TNI mensosialisasikan prosedur pelaksanaan program bela negara seperti siapa yang wajib mengikuti program ini dan siapa yang harus memberikan materinya. Hal ini dikarenakan belum adanya payung hukum yang mengatur soal Bela Negara meskipun telah termuat dalam Undang-undang Dasar 1945.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Kanugrahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here