Home BERITA Warga Rusunawa Sulit Bayar Tagihan, Bank DKI Operasikan Mobile Branch

Warga Rusunawa Sulit Bayar Tagihan, Bank DKI Operasikan Mobile Branch

SHARE
Suasana Rusunawa Pulogebang, Jakarta Timur (Diki/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Menanggapi sulitnya penghuni rusun untuk membayar iuran hunian, pihak Bank DKI Jakarta untuk sementara waktu akan mengoperasikan mobile branch untuk mempermudah warga.

Pihak bank menjelaskan akan mengoperasikan lima unit mobile branch office secara berkala ke rusunawa yang belum terdapat kantor cabang Bank DKI di wilayahnya.

“Kami akan bantu dengan mobile branch sampai nanti semua ada kantor, jadi warga rusun bisa dengan mudah melakukan setoran,” kata Direktur Bank DKI Jakarta Antonius Widodo Mulyono usai menandatangani kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Cara lain untuk memudahkan warga, yakni dengan setoran melalui kantor-kantor Bank DKI. Pasalnya, sistem transaksi perbankan di Bank DKI sudah tersambung secara online.

“Seluruh cabang Bank DKI sudah online. Jadi kalau sambil kerja mereka bisa menyetorkan uangnya ke Bank DKI terdekat. Misalnya pas keluar, dia ketemu Bank DKI di Cengkareng, bisa juga setor di sana,” jelasnya.

Tahun ini, ia mengatakan kantor cabang akan ditambah di 27 lokasi. Dengan rincian, 23 kantor di pasar tradisional yang dikelola PD Pasar Jaya dan empat kantor di rusunawa.

Salah seorang penghuni Rusunawa Cipinang Besar Selatan (Cibesel) yang sudah menunggak lima bulan, Maswah, mengatakan selain penghasilan keluarganya sedang menurun, keterlambatan pembayaran dikarenakan lokasi penyetoran uang yang cukup jauh.

Dia beralasan, di rusun tersebut tidak ada bank DKI sehingga harus pergi ke kantor kecamatan jika ingin membayar tagihan.

Menurut data Dinas Perumahan Rakyat dan Permukiman DKI Jakarta menyebutkan, hingga Juni 2017 jumlah tunggakan sewa rusun di Jakarta mencapai Rp 32 miliar. Jumlah tersebut naik Rp 6 miliar dari nilai tunggakan pada Januari 2017.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Dinda Chairina and Iksal Rizqi Harizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here