Home BERITA Yordania Kecam Aksi Warga Yahudi yang ‘Menyerbu’ Al-Aqsa

Yordania Kecam Aksi Warga Yahudi yang ‘Menyerbu’ Al-Aqsa

SHARE
Tentara Israel usir warga Palestina
(REUTERS/Ammar Awad)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Kehadiran ribuan warga Yahudi di kompleks peribadahan Al-Haram asy-Syarif pada hari Selasa (1/8/2017) silam, mendapatkan kecaman dari Menteri Luar Negeri Yordania, Ayman Safadi. Menurutnya kehadiran warga Yahudi tersebut berpotensi untuk kembali menimbulkan bentrokan yang sebenarnya sudah mulai mereda sampai saat ini.

Kecaman Safadi tersebut, menurut kabar yang dirilis Arutz Sheva, disuarakannya di pertemuan darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Menurut Safadi, jumlah warga Yahudi tersebut mencapai 1.300 orang.

“Jumlah para ekstremis Yahudi yang datang di Masjid Al-Aqsa merupakan rekor baru sejak dimulainya masa pendudukan Israel pada tahun 1967,” ujar Safadi di depan perwakilan anggota OKI, Selasa silam.

Dirinya kembali menekankan, bahwa kehadiran ribuan orang Yahudi untuk merayakan Hari Raya Tisha B’Av bisa kembali memicu perseteruan.

“Krisis ini mungkin telah berakhir, tetapi krisis yang lebih parah bisa terjadi akibat provokasi Israel yang dilancarkan terus-menerus,” ucap Safadi lagi.

“Jika Israel tidak mengatasi sumber perosalan, jika provokasi terus dilanjutkan, dan jika Yerusalem timur tidak bisa menjadi ibu kota Palestina, maka krisis diprediksi akan kembali meletus,” tutup Safadi.

Tisha B’Av sendiri merupakan hari raya tahunan yang dirayakan untuk memperingati hancurnya dua biara Yahudi oleh orang-orang Babilonia dan Kekaisaran Roma pada tahun 586 sebelum masehi dan 76 M.

Hari raya tersebut dirayakan dengan mendatangi salah satu tempat suci bagi penganut Judaisme yang berlokasi dekat dengan Masjid Al-Aqsa, di dalam kompleks peribadahan Al-Haram asy-Syarif.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here