Home BERITA Yusril Minta Indonesia Legowo soal Insiden Bendera Terbalik

Yusril Minta Indonesia Legowo soal Insiden Bendera Terbalik

SHARE
Yusril Ihza Mahendra (Elga/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Bangsa Indonesia diminta legowo terkait cetakan bendera Indonesia terbalik di buku panduan SEA Games 2017 Malaysia. Apalagi sudah ada permintaan maaf resmi dari otoritas Malaysia kepada Indonesia atas insiden tersebut.

Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra menilai semestinya peristiwa itu tak ditanggapi berlebihan oleh segenap warga Indonesia.

“Memang itu suatu kesalahan dan bisa menyinggung negara lain. Sikap malaysia pun sudah mengakui itu karena keteledoran dan ketidaksengajaan dan mereka sudah menyampaikan permohonan maaf,” kata Yusril di Kantor Partai Bulan Bintang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2017).

Yusril melanjutkan, ceritanya akan lain bisa peristiwa itu terjadi secara sengaja dan tak ada permintaan maaf dari Malaysia. “Tapi ini kan karena keteledoran dan mereka juga sudah menyampaikan permohonan maaf. Jadi saya kira kita mengambil satu sikap yang sewajarnyalah,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang ini juga mengimbau rakyat Indonesia mau berbesar hati menjadi bangsa pemaaf.

“Mudah-mudahan kita dengan jiwa besar bisa memaafkan,” imbaunya.

Tak lupa, Mantan Menteri Kehakiman ini juga mengimbau agar Indonesia tak melakukan kesalahan serupa, mengingat di tahun 2018 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah ajang Asian Games.

“Kemungkinan juga kalau kita teledor pasang bendera negara lain, orang pun bisa marah juga sama kita,” tutupnya.

Permintaan maaf soal insiden bendera terbalik itu disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Khairy Jamaluddi. Dia menyampaikan langsung permintaan maaf itu kepada Menpora Indonesia Imam Nahrawi tak lama setelah Imam mencuitkan kesalahan tersebut di Twitter.

Meski begitu, sejumlah pihak kadung geram dengan tindakan Malaysia tersebut. Bahkan mayoritas anggota DPR bereaksi keras terhadap hal itu.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Nicky Aditya and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here