Home BERITA Yusril Ubah Nama Pemohon Uji Materi Perppu Ormas

Yusril Ubah Nama Pemohon Uji Materi Perppu Ormas

SHARE
Uji materi Perppu Ormas di Mahkamah Konstitusi. (Elga Hikari Putra/Kriminalitas.com)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menggelar sidang uji materi tentang Perppu Nomor 2 Tahun 2017. Sidang kali ini beragendakan perbaikan permohonan dari pihak pemohon.

Kuasa Hukum Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pihaknya telah melakukan perubahan yang cukup ­besar agar permohonannya bisa diterima oleh MK. Salah satunya, mengenai perubahan legal standing pemohon dalam uji materi tersebut.

Yusril menuturkan, setelah HTI telah resmi dicabut badan hukumnya oleh pemerintah pada pada 19 Juli 2017, maka yang memiliki legal standing kuat untuk melakukan pengajuan Perppu ini yakni Ismail Yusanto selaku Juru Bicara HTI.

“Yang statusnya adalah sebagai juru bicara perkumpulan HTI ketika status badan hu­kumnya dicabut dan dibubarkankan pemer­intah,” ucap Yusril di ruang Sidang MK, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Selain itu, dia juga menjelaskan tentang wewenang MK untuk menguji Perppu dengan administrasi bahwa MK berwenang untuk mengkaji hal tersebut.

“Bahwa Perppu memang mempunyai kedudukan yang setara dengan Undang-Undang sehingga kekuatan mengikat juga sama kekuatannya dengan Undang-Undang,” kata Yusril.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Rizky Ramadhan and Elga Hikari Putra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here