Home BERITA Zakir Naik Bukan WN Malaysia, tapi Punya Status Permanent Residence

Zakir Naik Bukan WN Malaysia, tapi Punya Status Permanent Residence

SHARE
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan saat bertemu dengan Ustaz Zakir Naik
(Twitter/@ZUL_Hasan)

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pemerintah Malaysia turut berkomentar terkait status kewarganegaraan mubaligh kondang Zakir Naik. Menurut keterangan Wakil Perdana Menteri Datuk Seri Ahmad Zahid Hamidi, Zakir Naik memang memiliki status permanent residence (PR) atau penduduk tetap di Malaysia.

“Tapi dia bukan warga negara Malaysia dan dia tetap tinggal di negara lain,” ujar Ahmad Zahid, seperti dikutip dari The Star, Selasa (18/4/2017).

Zahid juga menjelaskan bahwa status PR tersebut diberikan oleh Pemerintah Malaysia sejak lima tahun lalu. “Saat itu saya belum menjadi menteri dalam negeri,” ucap Zahid lagi yang saat ini merangkap jabatan sebagai menteri dalam negeri.

Pernyataan pemerintah Malaysia ini merupakan respon atas tudingan berbagai media India yang menyebut Malaysia telah memberikan kewarganegaraan kepada Zakir Naik. Tudingan tersebut muncul pertama kali pada November 2016 silam.

Media-media India menyebut status kewarganegaraan tersebut diberikan Malaysia sebagai bentuk penghargaan terhadap Zakir Naik pada tahun 2013. Di tahun tersebut, Zakir dianugerahi penghargaan ‘Tokoh Maal Hijarh’ di Malaysia.

Saat ini, Zakir Naik tengah diburu oleh otoritas India, karena dituduh melakukan tindak pencucian uang. Selain itu, ustaz yang sempat menyambangi beberapa kota di Indonesia ini juga dituding mensponsori para calon militan untuk bergabung dengan ISIS di Malaysia.

Atas berbagai tudingan tersebut, Badan Investigasi Nasional India (NIA) mengajukan red notice kepada Interpol untuk Zakir Naik. Pasalnya, pendakwah kontroversial tersebut kerap mangkir dalam pemanggailan pemeriksaan di India.

Scroll ke bawah untuk berita lainnya.

Andreas Pratama and DRE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here